Sabtu, 28 November 2009

Mengulang Kesalahan Tentang Kreta Ekonomi



Bismillahhir Rahmannir Rahim...

Seneng deh bisa pulang idul Adha ini. Gw kira taun ini gw bakalan shalat sunah di jawa, karena kenyataannya temen2 pada balik, y masa sh gw d kostan sendirian doang.. Kesepian dong nanti.. hehehe,,. Soalnya kostan sudah benar2 akan di nyatakan kosong. Hanya ada satu kuncen mungkin d sana. Yakni Miho. Anak psikologi yang satu ini mungkin memilih untuk g pulang. Mau belajar kale,.. siapa tau dapet pahala.. hehehe..
Kebodohan pas gw pulang kemarin yaitu gw turun di stasiun bekasi. Nah, sekarang ini tergantung persepsi masing2 lebih bodoh ato lebih tolol gw turun di stasiun Jatinegara Jakarata. hahaha,.. jadi labih jauh lagi kawan..
Alhamdulilah dimana ada jalan, di situ ada gw.. Kalo gw g d kasih jalan gw buat jalan ndiri.. hehe.. Gw ma teman2 di anterin ma bowo ke stasiun poncol Semarang. Stasiun untuk ngangkut barang kata bowo. Kambing plus sapi juga sih kayanya. Namun sayang, kali ini kereta tawang jaya yang gw pake ngangkut manusia bukan binatang ato barang. hehehe,. enak aja.. Ngga peduli dah apa nyebutnya. Yang pasti kalo lewat poncol emang kereta ekonomi g ada sinkansen lewat stasiun poncol. 
Sehari sebelum gw berangkat, fajrin nawarin untuk pesen bangku dulu. Langsung dengan sombongnya gw, "Lah lu jrin.. kaya g pernah naik kreta ekonomi aje..!?" Trus fajrin cuma bilang "iah juga ya..." Berhubungan dengan itu, kita langsung aja beli tiket pas sebelum masuk k keretanya. Masalahnya waktu ntu gw beli sehari sebelumnya, malah d unsir sama mba2nya. Trus di suruh beli besoknya aja. Nah, udah gitu kita ber5 udah nerima tiket masing2 langsung masuk aja k kreta d gerbong 5. Masih kosong sih di sana.. Jam 7 malem kereta tawang jaya berangkat. Sempet bagi gw untuk shalat+makan dulu sebelum berangkat.
Satu jam kemudian...
Tibalah kita di weleri. Stasiun weleri tapatnya. Grubag-grubug grubag-grubuk orang2 pada masuk ke gerbong 5. Mereka ternyata punya karcis bernomor tempat duduk. Ah sial.. Kita semua di suruh pindah gara2 emang karcis yang gw pegang emang karcis tanpa tempat duduk. Kenapa bisa gitu...? Karena gw yang bodoh... Ga beli tiket pagi2.
Jadi gini.. Satu yang baru gw tau adalah, kereta ekonomi tawang jaya ternyata sistem ktera eksekutif. Jadi, meskipun ekonomi, punya nomor tempat duduk. Namun ada juga yang ngga. Nah,. Sebenernya harga yang tiket tempat duduk sama tiket tanpa tempat duduk harganya sama. 30rban gt,.. lupa berapa persisnya. Terus, kalo mau dapet karcis yang tempat duduk, kita musti beli d loketnya pagi2. Yah,, kira2 jam 10 pagi mungkin. Bukan jam 6 sore, karena kalo jam 6 sore karcis yang di jual udah ga bertempat duduk. Nah, masalahnya emang kemarin gw beli yang ngga bertempat duduk.
Jadilah nasib gw seperti kemarin ntu. Di usir dari Gerbong 5 dan nyaris jadi gembel!!! hahaha..
 lah,.. ternyata eh ternyata, gw ga jadi gembel2 amat sih waktu itu. Gw ma teman2 nelusurin gerbong2 kereta sampe ujung. Akhirnya sampeilah kita di gerbong terakhir dan Alhamdulilah... Masih dealam keadaan bingung mau duduk di mana saking penuhnya kreta tawang jaya malem itu. Walhasil kita balik lagi aja dah dari situ. Enaknya,.. yang beli tiket tempat duduk, pikir gw,.. Akhirnya gw yang yakin balik lagi bakal dapet tempat duduk, Alhamdulilah emang dapet tempat duduk di sebalah bapak2 tua dan pasutri yang masih punya anak kecil waktu itu. Wah,.. ga bisa tidur gw,.. Anaknya nangis mulu,.. akhirnya setelah kurang lebih jam stengah 10 mlem(gw ga tau karena emang udah cape ato gara2 gw liatin anak kecil itu udah berenti nangis,.. hehe ) Anak itu berenti nangis dan bobo. Nah, akhirnya gw bisa tidur dari jam stgah 10 sampe kira2 jam 10 lah.. Tiba lah kreta gw di tegal. Hehe,.. Wong tegal.. wong tegal.. mulih kabeh..!!! gw berharap ktera jadi kosong. Tapi kenyataannya malah nambah penuh. Huh,... Dan setelah gw marhatiin alam sekitar. Ternyata ada 2 mahluk sejenis gw ada di deket bangku tempat duduk gw.. Jiah!!! Patrick ma Mexcy ngegembel di deket tempat duduk gw. Tepatnya di belakang bangku gw. Hahaha,.. Mreka berdua tidur(ga tau karena kacapean apa karena pasrah g dapet tempat duduk lagi) di bawah bangku2 kreta. Persis kaya gembel dah waktu ntu.. hehe,.. Sampe jam 12 ato jam 1 malem y gw lupa. Gw terusin tidur gw. Dan pada saat tengah malem, gw bangun pas sampe cirebon. Waktunya makan malem!!! hahaha... Setelah kreta brenti d stasiun cirebon, banyak pedagang yang pada masuk. Gini nih suaranya, " Nasi goreng.. Nasi goreng.. Masih anget mas,. masih anget,.. tiga ribu.. tiga ribu..." Dengan cekatannya gw langsung beli nasi gorengnya 2 bungkus. Karena kalo atu doang g bakalan kenyang.. hehehe,.. Dan sehabis makan. Gw g beli minum. Karena kenyataan d lapangan bahwa minuman di sana mahal banget. Pokari aja gw beli 8 rebu,.. habis sudah dah pity,. hehe... Dan gw mutusin untuk ngambil akua 1,5 liter yang fajrin tinggal di gerbong 5. Gw lagi d gebong 9. Yah,, jadi kira2 gw harus ngelewatin 4 gerbong dengan manusia2 yang sedang tidur kaya mayat gitu.. hehe,..ngga tega sebenarnya gw hehehe..,, (maafkan aku orang2 yang telah aku lewati.. hehe..) Dan setelah melalui perjuangan yang begitu berat dan ngga bisa d ceritain, gw akhirnya ngedapetin tu akua, meskipun sempet nyangka mba2 tuh mas2 gara2 mba2nya make masker gitu, dan potongan rambutnya pendek kaya cowo.. hehe,... Setelah membagikan air aku kepada para gembel(parick ma mexcy) gw dengan penuh solidaritas berusaha mengikhlaskan diri dan tidur di bawa kursi juga sejajar ma mexcy ma patrick. Eh, fajrin k mana? tu anak mah g usah d cariin dah.. Udah tenang d gerbong 10. Pacaran kale.. Ga ngerti juga sh.. Nah, dari sono gw ngerasain bner gmana ga enaknya naik kreta ekonomi. Gila... Pedagang asongan enak bener mondar-mandir mondar-mandir. Udah mau tidur nih.. bangun lagi.. mu tidur lagi.. di bangunin lagi sama tu para pedagang.. bt dah lama2. Gw putusin aja ga tidur sampe jam 3. Dan kira2 jam 3 lebih kreta sampe d jatinegara dan gw ma mexcy turun dah.. 
Nah.. Ini dia. Baru pertama kali gw turun d stasiun jatinegara. Dari stasiun gw putusin naik ancot jurusan pasar rebo. Soalnya cuma tempat itu yang gw ngarti dari seontaro kota Jakarta. hehe.. Pokoke patokanne di situ dah.. Widih,.. ternyata ongkos angkotnya 7 ribu perorang.. Meuni ngegetok pisan.. dan dari pasar rebo, gw nungguin bis di jalan baru, beharap ada agramas ato wargabaru yang lewat. Yang pasti jurusan karawang lah.. Dan dari jam 3.30 gw sampe di gerbang terminal rambutan. 15 mnit kemudian.... bis yang ada cuma bis trans jakarta. 30 menit sudah belalu.. Masih ngga ada juga. Waktu menunjukan kira2 3.45. Gw ma mexcy memutuskan untuk saur dulu, berhubung ada tukang lontong sayur yang lagi kesurupan(wong subuh aja belom udah stand by di terminal) jadi gw beli lontong sayur di sana. Waktu udah nunjukin pukul 4.00. Masih aja.. bis2 yang lewat tuh sebangsa sinarjaya, DMI, sinar jaya lagi.. ato kalo ngga Trans jakarta  dah.. hahaha... 15 menit kemudian. Mexcy tertidur.. Persis kaya gembel. Berbantalkan tas yang di bawa. Di trotoar persisnya. Asalnya mau d foto tuk dokumentasi. Tapi jangan ah,.. Derita dia udah keterlaluan. Udah sendal putus di kreta, tidur di lantai pas di kereta, keluar stasiun jatinegara bertelanjang kaki alias nyeker man.. hehe,.. Dan mungkin dia udah kecapean kali itu. Langsung gw bilang, "Udah mex.., tidur tidur aja... Ntar kalo dah ada bisnya gw tinggalin,.. eh salah, gw bangunin.." cukup lama mexcy tertidur. Yah, kira2 20 menit. Dan setelah itu derita kami adalah.... Hujan!!! gurubug... gurubug... gurubug kita kaya para gembel di terminal langsung mencari tempat berteduh yang aman dari satpol PP. Dan sampailah kami di Toilet umum!!! Dan sekalian buang sial dan buang kotoran. Mexcy langsung dah beraksi di dalem toilet. Dan 10 menit kemudian gw yang bimbang. Kok mau buoker ya...? Waduh.. susah juga,.. Ya udah dah, daripada ngga ada tempat nanti kalo maunya parah.. gw jatuhin aja d toilet ntu akhirnya para kotoranku yang terdidik. Dan sialnya, Pas di tengah2 gw lagi setro atm bawah tanah. Mexcy teriak ambil gedor2 pintu. "Bud!! Bud!!! Agramas karawang bud...!!! Buruan bud...!!!" Tanpa banyak delay untuk mikir gw langsung bersihin atm, eh salah bersihin yang harusnya di bersihin pas nyetor masudnya.. Dan keluar. Ternyata di tengah hujan yang deras. Mobilnya udah berangkat duluan. Yah.. sedih dah.. Udah gagal nyetor. Di tinggalin mobil lagi. Bukannya supirnya sms dulu suruh tunggu. Budi lagi bab gt. Dan ketika masih ada harapan, gw ma mexcy lari2 ke tempat bisnya. Bisnya berenti. Terus jalan lagi.. berenti lagi.. terus jalan lagi. Siaaaaaal!!! udah hujan2an pula. Bawa2 tabung pula gw.. Untung kertas strukbang gw ga basah. Dan akhirnya gw nunggu agramas lg di dpan warteg yang ga tau watreg apaan. Aneh dah pokona.. G ada yang ngejagain. Trus sekitar 10 menitan ada agramas lagi yang lewat. Huf... selamat juga dah akhirnya gw dari penderitaan ini(waktu menunjukan jam 5.03)... Gw bisa tidur di mobil bis tanpa kehujanan. Walau kedinginan karena ACnya, tapi sipat udik gw akan AC ga kambuh kali ini. Gw bisa tidur sampe pules. Saking pulesnya sampe bangun2 gw udah buat 3 pulau kecil di jaket. hehehe.. Kecapean mungkin... 


(PS: Ternyata kreta ekonomi juga punya karcis tempat duduk yah...? Cuma hanya di stasiun2 tertentu aja yang nyediain. Dan itu juga jualnya pagi2. Dan kalo g mau jadi gembel, jangan naik kreta ekonomi. Tapi sekali seumur hidup boleh kali yah...? hehe...)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar