Rabu, 12 Februari 2014

Melakukan Inspeksi (Pemerikasaan) Pada Pipa


Di Amerika Serikat, jutaan mil dari pipa yang membawa segala sesuatu dari air untuk minyak mentah. Pipa rentan terhadap serangan korosi internal dan eksternal, retak, kerusakan pihak ketiga dan kekurangan manufaktur.Jika pipa yang membawa air mata air semburan kebocoran, itu bisa menjadi masalah tetapi biasanya tidak membahayakan lingkungan. Namun, jika minyak bumi atau kimia pipa kebocoran, itu bisa menjadi bencana lingkungan. Informasi lebih lanjut tentang kecelakaan pipa AS baru-baru ini dapat ditemukan pada, situs internet Dewan Keselamatan Transportasi Nasional . Dalam upaya untuk menjaga pipa beroperasi dengan aman, pemeriksaan berkala dilakukan untuk menemukan kekurangan dan kerusakan sebelum mereka menjadi penyebab keprihatinan.



Ketika pipa dibangun, personil inspeksi dapat menggunakan visual, X-ray, partikel magnetik, ultrasonik dan metode pemeriksaan lainnya untuk mengevaluasi lasan dan memastikan bahwa mereka memiliki kualitas yang tinggi.Gambar ke kiri menunjukkan dua teknisi NDT menyiapkan peralatan untuk melakukan pemeriksaan X-ray dari mengelas pipa. Inspeksi ini dilakukan sebagai pipa sedang dibangun sehingga mendapatkan akses area pemeriksaan tidak masalah. Di beberapa daerah seperti Alaska, bagian pipa yang tersisa di atas tanah seperti yang ditunjukkan di atas, tetapi di sebagian besar wilayah mereka terkubur. Setelah pipa dimakamkan, tidak diinginkan untuk menggali itu untuk alasan apapun.

Jadi, bagaimana Anda memeriksa pipa terkubur?

Apakah Anda pernah merasa tanah bergerak di bawah kaki Anda? Jika Anda berdiri di New York City, mungkin kereta bawah tanah yang lewat. Namun, jika Anda berdiri di tengah lapangan di Kansas mungkin babi lewat di bawah kaki Anda. Hah?? Insinyur telah mengembangkan perangkat, yang disebut PIG, yang dikirim melalui pipa dikubur untuk melakukan pemeriksaan dan membersihkan pipa. Jika Anda berdiri di dekat pipa, getaran dapat dirasakan sebagai Pig tersebut bergerak melalui pipa. Babi adalah tentang diameter yang sama dari pipa sehingga mereka berbagai ukuran dari kecil hingga besar. Pig yang dibawa melalui pipa oleh aliran cairan atau gas dan dapat melakukan perjalanan dan melakukan inspeksi jarak yang sangat besar. Mereka mungkin dimasukkan ke dalam pipa di satu ujung dan dibawa keluar di ujung lainnya. Pig membawa komputer kecil untuk mengumpulkan, menyimpan dan mengirimkan data untuk analisis. Pada tahun 1997, seekor Pig menetapkan rekor dunia ketika menyelesaikan pemeriksaan terus menerus dari pipa minyak mentah Trans Alaska, yang meliputi jarak 1.055 km dalam satu kali. Klik di sini untuk membaca lebih lanjut tentang catatan ini pengaturan pemeriksaan.


Babi menggunakan beberapa metode uji tak rusak untuk melakukan inspeksi. Kebanyakan Pig menggunakan metode kebocoran fluks magnetik tetapi beberapa juga menggunakan ultrasound untuk melakukan inspeksi. Pig ditampilkan ke kiri dan bawah menggunakan kebocoran fluks magnetik. Sebuah medan magnet yang kuat didirikan pada dinding pipa baik menggunakan magnet atau dengan menyuntikkan arus listrik ke dalam baja.Kawasan yang rusak pipa tidak dapat mendukung sebanyak fluks magnetik sebagai daerah rusak sehingga magnet kebocoran fluks keluar dari dinding pipa di kawasan yang rusak. Sebuah array sensor di sekitar lingkar Pig mendeteksi kebocoran fluks magnetik dan mencatat area kerusakan. Pig yang menggunakan ultrasound, memiliki sebuah array transduser yang memancarkan pulsa suara frekuensi tinggi tegak lurus dengan dinding pipa dan menerima sinyal gema dari permukaan bagian dalam dan permukaan luar pipa. Alat ini mengukur interval waktu antara kedatangan echos tercermin dari permukaan bagian dalam dan permukaan luar untuk menghitung ketebalan dinding.
Pada beberapa pipa lebih mudah untuk menggunakan peralatan inspeksi visual yang jauh untuk menilai kondisi pipa.Crawler robot dari segala bentuk dan ukuran telah dikembangkan untuk menavigasi pipa. Sinyal video biasanya diumpankan ke sebuah truk di mana operator meninjau gambar dan mengontrol robot.

Sumber: http://www.ndt-ed.org/AboutNDT/SelectedApplications/PipelineInspection/PipelineInspection.htm (11 Februari 2014)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar