Senin, 21 September 2009

Demi Sesuap Nasi


Panen!!! Panen!!!


Hari ini gw sama keluarga besar dari tasik papahare(bahasa sunda untuk makan bersama) di saung alm. Aki. Seneng banget, lengkap semua keluarga yang ada. Yang dari Tangerang ada, Bandung dateng, dari cantilan hadir dan yang paling penting dari Karawang eksis.., hehehe.. Ga gw nyangka pas mau papahare ato botram(sama artinya makan bareng) di sawah lagi panen. Meskipun kemarin sore gw jalan2 ke sawah cuma untuk ngerasain indahnya sawah sama angin sepoi2 di sana, gw kira ngga akan besoknya tu sawah di gundulin,.. hehe..
Hari yang indah untuk bercengkrama dengan sanak keluaraga, karena sekarang tgl 2 syawal(hari yang baik sebenarnya untuk melakukan puasa syawal, namun keliatannya mustahil dech,.. hehe..).

Awal masuk ke sawah, kita udah di hadang sama jemuran gabah2 yang baru di panen. Awalnya pusing gimana ngelewatinnya. Tapi ternyata tu gabah ga apa2 untuk di injek. Jangankan sama mobil biasa, katanya sama truck juga ngga apa2 katanya.. Asalkan kita minta izin aja ke yang punya, soalnya kalo ngga kan nanti di sangkain kita ga sopan, sombong ato gimana gitu..

Disana gw merhatiin orang2 yang lagi kerja. Gw kira mamang gw yang udah d sana(sawah) itu lagi nyiapin makanan dan segala perkakas untuk botram hari ini. Ternyata ngga, mamang gw tuh lagi manen gabah2 di sawah. Tepatnya ngitungin hasil panen yang ada di sana.

Proses panen...

Kalo mau jujur2an, baru kali ini gw ngeliatin plus meratiin orang yang lagi panen padi. Secara mskipun d Karawang di kenal dengan lumbung padinya dan hamparan sawah satitik deuleu(setitik penglihatan), tapi kan gw g punya sawah di sana,.. hehehe.. Gw sedikit sedih juga sih ngeliatnya. Demi sesuap nasi... mungkin 3 kata itu yah,.. yang bisa ngegambarin kaya gimananya proses ini. Bayangin aja, dari pagi sampe sore kerja untuk manennya. Belum nanemnya...? Ngebajaknya...? Nyemainya...? Oh tidaaaakkkk...!!! Kalo gw punya sawah satu hektar trus gw tanem sama panen sendiri, bisa mati kering kale gw.,, Hehe.. Ini indahnya kebersamaan dan gotong-royong. Jadi Ceritanya itu untuk manen sawah, pemilik sawah menerapkan sistem yang namanya bagi hasil. 1:12.. (bukan konsumsi bensin untuk mobil y... hehe.,) Setiap orang2 yang manen dapet satu liter gabah(bukan beras) tiap dia manen 13 liter beras... Gila...? udah cape mati2an sampe kepanasan cuma di bayar dikit banget...? Tapi kenyataannya suka dilebihin kok.. hehe,.. Daripada kt ngomongin yang ga jelas gitu mendingan kita liat aja lah sedikit langkah datangnya nasi yang kita makan setiap hari. Ini gw dapet dari ngeliatin sama nanya2 dikit sih.. Jadi afwan kalo ada yg salah y..?(kalo ada org IPB)


Tahap Pertama..

Tahap pertama yang di lakukan oleh pemanen adalah memotong abiz yang namanya sawah yang siap untuk di panen. Awas suka ada tikus, bagi yang takut tikus ga di saranin,,. hehe,,. Setiap orang paling banter ngegarap sekitar 200-500 meter persegi. (Kalo gw bisa 1 hektar sendiri sih sebenernya... kalo make mesin kaya di tipi2 gt.. hehe..). Terus hasilnya di tumpuk di suatu tempat. Biar ga usah jalan-jalan lagi maksudnya.. hehehe..,

Tahap Kedua..

Tahap ini, adalah tahap pencopotan bulir2 gabah dari tangkainya. Untuk yang mikir kalo gabah di copotin atu2 make tangan berarti jenius!!! 1000 untuk dirimu.. Untuk bayar parkir.. hehehe. Ya.. ngga di copotin atu2 lah... make teknologi tangan dong..? hehe,,.. Jadi sebelumnya kita ngamparin alas di deket tumpukan taneman padi yang baru di potong tadi dan dengan alat yang ga tau apa gw namanya(yang pasti tu alat untuk di pukulin dan mengakibatkan gabah2nya copot dan terbuat dari bambu gt.. hehe..,). Di atas alas yang udah di amparin, tu gabah di gaplok2in ke alat dari bambu itu sampe semua gabahnya copot(untung ga ngebales ya gabahnya...? hehe..). Sampe semua potongan padi udah rontok di atas alas yang di sediain. Tahap kedua complete.. hehe,,.

Tahap ketiga..

Tahap ini adalah tahap pembersihan. Siapkan ember, baskom ato aqua galon, ato kalo perlu bak mandi untuk di jadiin tempat gabah2 yang bersih. Nah.. gabah2 yang ada di atas alas yang udah di gelar tadi... di bersihin make yang namanya nyiru.. Kalo ngga tau nyiru tanya aja lah sama nenek2.. Kalo ga tau juga bilang, " Ga pernah masak nasi yah nek...?" hehe.. sedikit demi sedikit gabah yang ada di bersihin. Jangan sangka gampang loh..!! Kalo ga ahli bisa2  malah gabahnya yg ke buang.. hehe,.. Ini proses yang gw masih bengong aja kalo ngeliat orang ngelakuinnya. Jadi, kalo make logika kan gebah lebih berat yah dri batu...? ia kan...? terus gimana caranya mereka bisa nglekuin sampe batu2 kecilnya keluar2 sendiri gt...? ah,.. udah lah.. yang penting kita tau, nasi itu ga jadi aja dan ga turun gitu aja dari langit.

Tahap keempat..

Tahap keempat dilakukan di saung. Jadi gabah2 bersih di bawa ke saung. Mau di itung. Iah.., yang tadi itu, 1:12. Tapi ini ngitungnya ngga make digital-digital an ato make timbangan. Terlalu keren. Make piring!!! hehehe.. Jadi di hitung berapa jumlah piring gabah yang di kumpulin sama pemanen, dan pemanen dapet sesuai jatahnya. Meskipun kadang2 emang di lebihin. Gila.. kasian aja kalo ga di lebihin.. gw aja mikir 100 kali mau kerja kaya gitu. Mendingan jadi tukang ngamen dah, kalo ngga kerja di kafe ato jaga warnet. Usai sudah parjuangan sang penanen sampai di sini. Sumpah.. demi sesuap nasi mereka bisa kerja kaya gitu,, dhasyat!!!


Langkah kelima..

Nah, di langkah kelima ini tahap finishing kalo di bangunan mah.. hehe,,(padahal masih jauh bengat sama mulut). Jadi gabah2 yang udah di panen terus di bagi 1:12 di masukin ke karung2 50 kg. Meskipun sebenernya ukurannya bervariasi bisa sampe 50-70 Kg pas di timbang. Dan setelah di bungkis, lalu di timbang atu2 dan di angkut ke tempat yang punya ato langsung ke yang beli gabahnya(tergantung).



Selesai sudah... Pasti cape banget abis manen.. Hari ini gw panas2an ampe item, ngegendong2 sella sepupu gw yg umur 2 taun di sawah sambil lari2, ampir jatoh ke sawah, kacamata gw di lempar ke sawah sma sella(beneran), ngambil kelapa muda, botram sama keluarga besar plus orang2 yang manen tadi sampe ga bisa nampung makanan lagi perut gw, menerima kenyataan sendal gw yang nyaris putus, dan yang terakhir gw ga shalat Asar gara2 ketiduran...T_T..
Alhamdulillah yaa Allah... NikmatMu selalu menyertaiku...

(PS: bagi yang suka nyisain nasi kalo udah makan, sebaiknya jangan di ulang ya...? ini bukan masalah terkesan sprti orang kaya ato ngga. Ato sprti orang rakus bin kelaperan ato ngga. Tapi seandainya kita yang nanem, ngairin, manen, ngegiling, sama masak tu beras jadi nasi. Kita bakalan kerepotan banget. Setidaknya kita menghargai orang2 di belakang prosesnya itu dengan tidak membuang2nya. Dan satu lagi, bagi orang yang ngajarin gw untuk naro sendok terlungkup setelah makan, thank's... Aku jadi tau.. hehe,.. Walaupun kadang2 suka gw pake buat nge tes orang doang.. hehe,,..)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar