Kamis, 17 September 2009

First Experience with Ekonomi Class...



Seneng banget udah fix mau pulang kampung hari selasa kemarin. Walaupun kemarin hampir2 ditinggal karena pembagian tugas besar struktur bangunan di kampus, tapi kalo gw ga ikut ntu acara bisa2 ntar repot sndiri gw.. hehe,.. Terus Sekitar jam 4. 15 tanggal 15 kemarin gw baru balik ke kost dan ternyata om Tanto belum ngejemput. Hahaha.. Gw udah buru- buru takut di tinggalin.. Tapi selang 15 menitan kemudian om Tanto jemput kita ber 5 (gw, mexcy, fajrin, patrick, dan miho). Waktu yang cukup bagi gw untuk shalat dan masukin c Tedy ke kamar. Kita sampe stasiun poncol kira2 30 menit setelah itu. Jam 5 an tepatnya. Ngantri beli tiket, dan hasilnya mendapatkan tiket yang belum gw liat sebelumnya. 

Lalu gw, fajrin sama Mexcy beli makanan untuk buka puasa. Kita buka puasa di gerbong. Executive gerbong menurut gw.. walaupun tulisan di tiketnya ekonomi class, hehe.. 

Keadaan waktu itu menurut gw ga sepi2 amat, juga ga rame2 amat. Yang pasti jatah kursi ber 10, kita pake untuk ber 5. Hehe,... jadi selonjoran deh kakinya... Setelah berbuka dan menunaikan shalat magrib plus jamak takdim terjadi ribut-ribut di stasiun. Ada copet...!! bagu liat gw ada copet di tangkep. Kasian banget tu copet satu Vs 14 orang... hahaha.., Untungnya ngga di gebukin, cuma di bawa sama aparat keamanan ajah. Jadi ngga ngeliat deh perilaku2 anarkisnya,.. hehehe..

Cerita Temen-temen

Kalo gw dengerin cerita temen2 sama orang tua mah bisa2 ngeri benget gw naik kreta ekonomi. Kata mereka yang pertama itu banyak copet, terus harus berdiri, ga bisa tidur, penuh sesak, panas, terus apa lagi ya...? Banyak yang kentut sembarangan(mungkin), terus banyak anak2 yang nangis, pokoknya cerita2 yang ga benget dah. Nah setelah gw buktiin sendiri, gw naik kereta ekonomi ga kaya gitu2 banget.

Kenyataan Lapangan


Beneran gw nyaman banget kmarin di perjalanan Semarang-Karawang. Liat aja temen2 pada enak2 tidur. Liat aja Mexcy, dia lagi tidur tuh,,. Terus yang tidurnya paling pules tuh Patrick. Sayang ga ada fotonya. Nah, yang di depan mexcy tuh Fajrin. Dy kuncennya. Ekonomi tuh enak banget. Kita ga usah takut kelaperan. Tukang dagang banyak!!! Ada tukang nasi ramez, nasi uduk, nasi goreng, mi rebus, sampe wedang jahe kopi susu juga ada. Yang ga ada bajigur kale yah...? hee.. terus tukang dagangnya ga kalah sama di bus antar kota. Ada tukang batik, tukang mainan anak2, senter, peci, sepatu(ga ada.. Hehe..), sampe kipas segala... pokoknya rame bener dah,.. Duduk selonjoran. Konkret aja bisa tidur gitu loch.., Terus di mana tukang copet...? Kayanya berhubung bulan Ramadhan di belenggu kali y..? hehe,.. Alhamdulillah gw ga kecopetan tuh pas kemarin d perjalanan. Gimana ngga, gw cuma make kolor, kaos sama jaket olahraga gw, terus make tas besar gw. Siapa yang mau nyopet...? Kaya gembel iah kl y...? hehe,.. Pokoknya buat temen2 yang baca, jangan takut lah naik kereta ekonomi. Tapi usahakan dzikir emang di jaga. Toh, yang menjaga kita kan bukan dri kita sendiri. Tapi ada yang d Allah yang selalu merhatiin kita, ngejagain kita, sama memberi kita pastinya.

Salah Perhitungan

Seinget gw, gw ga bawa uang lebih dari 80 ribu sejak gw berangkat dari kostan ke stasiun. Untuk bayar tiket 35 ribu, makan 10 ribuan, terus beli teh plus ngebayarin tmn 5rb. Terus rencananya malem2 gw mu beli nasi goreng di restorasi. Gw cuma punya uang 29 ribuan gt lagi itu.. Setelah pesen nasi goreng di restorasi... Widih... Nasi gorengnya kecil benget,..?? gw pikir sih, nih kan kreta ekonomi. Jadi palingan murah lah... ga akan sampe jual tanah babeh. Setelah gw abis makan, karyawan restorasinya dateng ke kursi gw (udah kaya eksekutif kan...? makanannya pesen coba...? hehe,..) Terus gw di suruh bayar 13 ribu... Hah..? gw kaget. Mahal amat?? Masalahnya yang lalu lalang tukang nasi goreng neriak2kin "tiga ribuan... tiga ribuan,,.." Kalo beli di abang2 yang teriak2 ntu bisa beli 4 kale gw... hehe,.. Rugi bener.., Dan gara2 beli nasi goreng di restorasi lagi itu uang gw tinggal 16 ribu rupiah. Terdiri dari pecahan 5rb 2 lembar, pecahan 2 rb 2 lembar sama pecahan seceng 2 lembar juga..,(kumplit banget dah,,..). Awalnya sih gw ga ambil pusing,.. toh tinggal turun terus ntar minta jemput ke Gugun adik gw, jadi ga akan ngabisin banyak uang lagi.

Awal dari kebodohan...

Jam 1 an gw bangun dari tidur gw(waktu2 tahajud akan di mulai nih sebenarnya),.. Kalo ga salah waktu itu satu lebih lima gt... Terus gw maju terus ke gerbong restorasi dan nanya ke orang yang ada di sana. "Mas, udah sampe mana yah...? Terminal Karawang masih jauh ga mas...?" terus dy jawab.. "Ngga berenti di Karawang mas...!" Hah!!! gila ajah...? Turunnya di Bekasi. Terus gw saat itu yang mau nerusin tidur jadi merem melek ga bisa tidur. Gw berharap bisa loncat waktu di terminal Karawang..

Kebodohan di mulai...

Jam setengah 3 gw ngerasa mau bangun banget. Bener aja, beberapa meter dari situ tuh terminal Cikampek. Gw bangunin mexcy langsung.. Semuanya juga ikutan bangun. Kereta melaju pelan banget di stasiun Cikampek. Kalo mau loncat sebenarnya cukup memungkinkan jika melakukannya di terminal Cikampek. Jah,.. Dasar ga niat, jadi ga di lakuin. Belum prepare batin masalahnya,.. Hehehe.. Nah, terus udah itu gw ma mexcy ngerencanain buat terjun bebas di Stasiun Karawang. Akhirnya kita ber2 nongkrong di pintu kereta deh.., Dan apa yang terjadi...? kereta malah cepet banget di stasiun Karawang. Tidaaaaak...!!! Slamat tinggal Kota Karawang ku...??? Walhasil dengan segenap kebodohan kita pun nunggu sekitar 30 menitan lagi untuk nyampe stasiun Bekasi. Kalo ga salah waktu saat ntu jam 3. 45 an gt.. Ga ada masalah sih sebenernya, tapi masalah tu di dompet gw yang isinya cuma 16 rebung.,, Dan gw ma mexcy saur di warteg yang namanya bulan-bulan.


Gw yang tau diri ga punya uang cuma makan make sayur plus tahu doang(melarat banget), dan mexcy yang ga tau lagi mood makan, dy makan make opor ayam. Harga gw makan aja 5000. Yang biasanya di Semarang make ayam ni di Bekasi make tahu doang. Nah Mexcy abis 11 ribu... hahaha,... Top banget lah untuk mahasiswa,.. Di jawa bisa 4 piring nasi ramez tuh.. Walhasil duit gw keluar dari warteg tuh tinggal 11ribu dan duit mexcy 14,5 ribu... Kita be2 sama2 lagi kere lagi. Sama2 kere ga bisa membantu lagi... sial. Keluar dari warteg kita b'2 ke terminal Bekasi untuk nyari bus jurusan Karawang. Bayar Angkot 2 ribu. Sisanya itung ndiri. Nah, dari situ ga ada yang ke Karawang kecuali tiger(tiga perapat). Gw nunggu lama ampe jam 5 subuh gw baru nemuin tuh tiger. gw nanyain ma kondekturnya, "Karawang berepa bang...?" dia jawab,"15 rebu jang..." Terus gw dengan melasnya bilang, "Saya cuma ada ceban(10rb) bang..." dia nanya lagi "Turun di mana kitu jang?" gw bales, "Di lampu merah bang.." Terus udah gitu c kondekturnya ngebolehin deh gw ma mexcy masuk. Berhubung gw cm ada 9rb, jadi minta seceng deh ma mexcy,.. Hehehe... Dan sialnya dari situ lama banget lagi mobilnya ngetem. Padahal lewat tol, eh ternyata keluar di pintu tol Lemah Abang doang.. Ga ada celah banget untuk shalat subuh waktu itu. Gw ga nemuin mesjid d terminal. Jadi gw slt di kursi gw deh,.. hehe.., Dan celakanya, udah sampe tanjungpura, itu mobil berenti. Pullnya di sana ceunah,,.. hoh...? maksud gw tuh lampu merah Karang Indah... Jah,.. ni gara2 trek baru yang buat banyak orag menderita nih,.. jadi ga ada bus lagi lewatin by pass.. Tapi sungguh buat banyak orang susah itu mah.. Dan mexcy baru bangun di sana, untung banget katanya dia nemuin uang ceban di saku trainingnya. Alhamdulillah atuh... Jadi weh dia bisa pulang. Dan kita berpisah di lampu merah tanjung pura... Gw telepon adik gw dan gw bilang aja jemput di pom bensin ke arah tanjungpura. akhirnya Sampe juga dah,.. Perjalanan panjang 12 Jam yang menyenangkan.. Sumpah menyenangkan... Gw sempet poto2 dulu deh d dpan toiletnya,.. hehe...

(PS: Selamat mencoba Kereta Ekonomi yach...? tapi sebaiknya bawa uang secukupnya, jangan berpenampilan mencolok sama yang paling penting tanyain dulu keretanya berenti di mana ajah, jangan mpe kaya gw,... hehehe... Sebenernya bisa aja minta pak Masinisnya berenti, denger2 sih bayar 10rb. Selamat mencoba...!!!! Keep Trying something guys!!)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar